Bisnis Online Affiliate Program

| Kamis, 05 Mei 2011

Bisnis Online Affiliate Program
Kali ini saya akan membahas salah satu bisnis online yang digemari oleh para pelaku bisnis di dunia maya. Bisnis Online Affiliate Program adalah bisnis yang dijalankan oleh ‘kebanyakan’ seorang publisher di dunia bisnis online. Publisher adalah orang yang kerjaannya mem-publish atau menyebarluaskan sebuah informasi (contohnya di bisnis online affiliate program) yang nantinya menarik minat pembaca dan akhirnya mau membeli barang atau melakukan hal sesuai informasi yang diberikan oleh publisher. Bisnis online affiliate program sangat bergantung kepada publisher agar bisnis online affiliate program yang dilakukan oleh pemilik bisnis dapat berjalan dengan baik dan pastinya meraup keuntungan besar.
Untuk bisnis online affiliate program, kita bisa memilih menjadi publisher atau menjadi pemilik bisnis. Sebelumnya saya terangkan dulu kedua pilihan di bisnis online affiliate program ini.

1. Pemilik bisnis online affiliate program, untuk menjadi pemilik bisnis online affiliate program, kita harus mempunyai produk yang akan dijual serta memiliki sistem yang bagus untuk membagi keuntungan antara kita dan publisher. Jika kita tidak punya tawaran yang menarik untuk publisher, para publisher bisnis online tidak akan mau memasarkan produk yang kita miliki. Laba yang didapat dari pemilik bisnis online affiliate program memang banyak, tapi kita harus mengerti bagaimana membuat web yang bisa menjalankan sistem itu. Untuk saya, menjadi pemilik bisnis online affiliate program susah untuk dijalankan. Biasanya orang yang memiliki dan mengatur sistem dan produk di bisnis affiliate program disebut affiliate manager.

2. Publisher bisnis online affiliate program, jika kita memilih menjadi publisher, kita harus memiliki sebuah blog atau web yang nantinya dikunjungi banyak orang. Nah, di blog itulah akan dipasang iklan (biasanya berbentuk banner) yang kita peroleh dari bisnis online affiliate program yang kita ikuti. Jika ada pengunjung yang mengklik iklan itu dan tertarik untuk membelinya, kita akan mendapat komisi sejumlah persen dari barang yang dibeli. Tapi, para affiliate manager tidak akan sembarangan memilih publisher yang akan memasarkan produk-produknya. Web atau blog yang kita miliki harus memiliki banyak visitor. Ya.. trafik adalah masalah utamanya. Tapi, sebesar apa kita ingin berbisnis online, sebesar itulah usaha kita untuk menjalankannya, termasuk mencari visitor yang banyak.

Cukup itu saja penjelasan saya tentang bisnis online affiliate program. Kalo kepanjangan, nanti malah gak akan mulai bisnis onlinenya. Saya merekomendasikan salah satu bisnis affiliate program yang enak untuk dijalankan. Ya.. Amazon.com adalah bisnis online affiliate program yang memberikan komisi lumayan bagi publisher, biasanya 10-20%. Produk-produk yang dijual di Amazon.com juga sangat bervariasi. Coba banyangkan jika ada satu orang saja yang membeli laptop seharga $300 dari affiliate program ini, pastinya $3-6 akan kita dapat dari bisnis online affiliate program ini. Oke deh.. selamat memulai bisnis online affiliate programnya.

0 komentar:

Bisnis Online. Diberdayakan oleh Blogger.